MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA

Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan

oleh: Elisa Raudlatul Masfufah

Adiwiyata bermakna sebagai tempat yang baik dan ideal, di mana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma, serta etika yang dapat menjadi dasar manusia untuk menuju terciptanya kesejahteraan hidup dalam menuju cita-cita pembangunan yang berkelanjutan.

Dengan demikian, sekolah Adiwiyata merupakan tempat mewujudkan warga sek-olah yang bertanggung jawab dalam upaya Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

Ada dua prinsip dalam mewujudkan sekolah Adiwiyata. Pertama, partisipatif. Warga sekolah terlibat dalam manajemen sekolah melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sesuai dengan tanggung jawab dan peran. Kedua, berkelanjutan. Keseluruhan kegiatan harus dilakukan secara terus menerus secara komprehensif.

Apa yang sudah dilakukan teruslah dikembangkan dan dipertahankan untuk tetap menjadi sekolah Adiwiyata. Pekerjaan menjaga dan mempertahankan merupakan pekerjaan yang sulit karena kita sering alpa dan merasa puas terhadap hasil yang diperoleh. Sadari bahwa piagam bukan hasil akhir, tetapi apresiasi pemerintah atas apa yang sudah dilakukan warga sekolah selama ini. Hasil yang terbaik adalah mengubah sikap dan perilaku warga sekolah yang peduli dan berbudaya ling-kungan dalam kehidupan sehari-hari baik semasa berada di sekolah maupun di luar sekolah. Karena itu, diperlukan proses pemahaman, penyadaran, dan perubahan sikap dan perilaku tersebut. Jadi, tidak cukup dengan menghapal visi dan misi baru sekolah akibat mengikuti program sekolah Adiwiyata.