Prestasi Siswa juga Tanggung Jawab Orang Tua

BOGOR–Prestasi akademik, khususnya bagi siswa SDN Polisi 1, Jalan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, bukan semata tanggungjawab guru melainkan, orang tua siswa juga ikut bertanggungjawab. Karena, guru selalu memotivasi peserta didik untuk meraih berprestasi tersebut.
”Jadi, hal itu bukan semata keinginan sekolah saja, melainkan impian setiap orang tua terhadap anaknya. Maka, orang tua siswa pun harus pro aktif dalam membimbing dan merangsang anaknya, agar mau belajar. Atau, dengan metode mengikutsertakan anaknya dalam berbagai bimbingan belajar, asalkan tidak berlebihan. Tapi, tingkat kemampuan perkembangan anak harus diperhatikan,” kata Kepala SDN Polisi 1, H. Hidayat, ketika ditanya Metropolitan, di ruang kerjanya, kemarin.
Selain itu, lanjut H. Hidayat, guru harus meningkatkan komunikasi dengan peserta didik. Bila perlu, guru bertanya. Jika siswa mengalami kendala dalam mata pelajaran, harus ditanya. Kalau sudah jelas, akan kita bimbing. Sebaliknya, jika masih belum ada perkembangan, selidiki lebih lanjut dan berikan motivasi yang positif. Mantan Kepala SDN Semplak 2 ini juga mengingatkan, para guru harus mampu mengajarkan dan memotivasi siswa untuk mencapai prestasi dengan kemampuannya sendiri. Jadi, yang terpenting adalah proses dalam pencapaiannya.
”Saya yakin, apabila guru yang ada di SDN Polisi 1 mengajar dengan baik, ikhlas, semangat dan kerja keras, pasti akan membuahkan hasil yang baik,” pintanya.
Maka, H. Hidayat optimis, bila hal tersebut diterapkan dalam mengajar, prestasi akademik dan karakter siswa akan terus meningkat dengan baik. ”Semuanya itu merupakan peran guru dalam mengajar. Karena, tanpa guru, sekolah tidak akan dapat berjalan. Namun, peran guru tidak hanya sebagai pengajar ataupun pendidik saja melainkan sebagai motivator dalam belajar maupun membentuk karakter siswa, ” ujarnya.
Ia menambahkan, sekolah telah menghimbau, agar siswa membawa tempat minum ke sekolah dan tidak membawa botol air mineral. Karena, sekolah sudah menyiapkan air siap minum,” pungkasnya. (tur/ar/ram)

Sumber:http://www.metropolitan.id/2016/02/prestasi-siswa-juga-tanggung-jawab-orang-tua/